Selasa, 10 Februari 2015

Dakwah Lewat seni Budaya versi MSB Majelis Sholawat Bontang

Oleh : Zainuddin Nur Ihsan ( Pengamat Perkembangan Seni Budaya. JKRT )

MSB adalah singkatan dari Majelis Sholawat Bontang. Organisasi Sosial keagamaan Non politik yg di nahkodai oleh kiai Muda berbakat ini rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Masyarakat kaltim dan warga kota Bontang pada khususnya. Karena model dakwah yg dilakukan oleh Gus Amin dan kawan kawan berbeda dengan majelis-majelis Sholawat pada umumnya di indonesia. Meski bermunculan model model majelis Sholawat di daerah daerah rupanya tidak membuat MSB surut akan fanatis jamaahnya. Hal ini terbukti dan bukan menjadi isapan jempol semata,berbagai event telah dilalui MSB dengan sukses dan tidak kurang dari 2000 jamaah yg hadir pada setiap event nya. Jumlah itu merupakan jumlah yg sangat besar mengingat jumlah penduduk di kota taman yg hanya mencapai 167000 jiwa. MSB kian hari kian menjadi idola bagi warganya selama MSB mampu menjaga kemurnian dan selalu berinovasi dalam dakwah lewat seni budaya. 
Hal hal yg tidak kita dapati di daerah daerah lain akan majelis Sholawat dan hanya didapat di MSB adalah karena MSB lebih mengangkat seni rebana Lokal sehingga seni rebana daerah akan terangkat dan sampai saat ini ada sekitar 32 grup rebana yg tergabung dalam grup tetap MSB tutur Syairozi ( ketua 1 MSB bid.pembinaan grup dan Korwil). 32 grup tersebut selalu hadir dan berkumpul pada event besar bulanan setiap malam minggu akhir Bulan. Jumlah yg tidak sedikit bukan ?
Dan memang betul saat penulis menyaksikan sendiri ternyata tidak kurang dari 300 personil rebana yg ditata sedemikian rupa sehingga menjadi tampilan yg Apik dan menarik setiap pengunjung. Dari 300 personil terbagi menjadi 4 bagian aliran ketukan rebana ciri khas daerah masing masing, diantaranya Ishari yg merupakan jenis seni rebana tertua di nusantara,Banjari ketukan khas Banjar,Demakan ketukan khas demak jawa tengah,dan sulawesian ketukan khas Aku daerah sulawesi. Unik bukan ? Hanya ada di MSB bontang Bineka Tunggal Ika lebih tepatnya sebutan yg tepat Untuk MSB. Dan memang betul seperti dituturkan oleh walikota Bontang Ir.H.Adi darma MSI dalam sambutannya atas Nama pemerintah Kota Bontang sekaligus pembina MSB menuturkan bahwa bontang adalah miniatur Indonesia ,karena semua suku yg ada di Indonesia terdapat dan berkumpul dibontang. 
Free land for relationship Jkrt 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar